-->

ILMU TASAWUF - MEMAHAMI ALFATIHA

 

BISMILLAHIRRACHMANIRRACHIM

Adapun yang dinamakan : PAHAM AL-FATIHAH, itu sebagai berikut

ALHAMDULILLAH                         : Artinya, Ya Muhammad, sembahyangmu itu aku jua memuji diriku.

RABBIL  ALAMIN                            : Artinya, Ya Muhammad, aku tahu lahir bathinmu.

ARRACHMANIRRACHIM             : Artinya, Ya Muhammad, yang membaca fatihah itu,aku jua memuji diriku. MALIKIYYAUMIDDIN                                 : Artinya, Ya Muhammad, engkau jua ganti  pekerjaanku,karena engkau tiada

  lain Aku.

IYAKANA‟BUDU WAIYYA   : Artinya, Ya Muhammad, tiada yang sembahyang hanya aku dan yang ghaib Aku jua

   kerja sendirian.

KANASTAIN IHDINAS

SYIROTOL  MUSTAQIM             : Artinya, Ya Muhammad, tiada yang mengetahui akan daku,hanya engkau jua.

SYIROTOLLAZINA

AN‟AMTA                              : Artinya, Ya Muhammad, sesungguhnya karenamu sekalian yang ada.

ALAIHIM GHOIRIL

MAGDHUBI‟ALAIHIM          : Artinya, Ya Muhammad, tiada aku marah Aku kasih  padamu dan Sekalian         

   umatmu. Aku mengatakan Rahasiaku padamu, dan engkau Katakan rahasiamu pada

   sekalian umatmu.

WALADHOLLIN                               : Artinya, Ya Muhammad, jika tiada engkau kekasihku, maka tiada RahasiaKU

   sekaliannya padamu.

AMIN                                                    : Artinya, Ya Muhammad, engkau ganti Rahasiaku, Allah nama bagi zat Tuhan yang

  qadim

 

---ooOoo--

Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter